Mengenal Bahan Baku Furnitur

Mengenal Bahan Baku Furnitur

Bahan dasar atau bahan baku yang digunakan dalam interior-furniture (desain interior) itu cukup banyak macamnya. Sebelum memutuskan untuk melakukan pembelian, customer perlu mengetahuinya karena pemilihan bahan baku yang benar akan berakibat terhadap kekuatan dan keawetan dari produk furnitur tersebut.

Berdasarkan olahan kayunya, bahan untuk furnitur atau mebel dapat dibagi menjadi 6 macam berikut ini:
1.    Multipleks
2.    Blockboard
3.    Block Melaminto
4.    Melaminto
5.    MDF
6.    Partikel Board

Yuk, lebih mengenal satu per satu bahan baku yang kami gunakan dalam memproduksi furnitur. Mulai dari definisi, bentuk, material asal, sifat dasar, dan proses pembuatannya.

1.    Multipleks atau kadang disebut Tripleks (jika terdiri dari 3 lapisan) adalah kayu olahan yang terdiri dari venner yang disusun saling tegak lurus. Istilah lain dari multipleks adalah Plywood yang merupakan papan material yang tersusun dari beberapa lapis kayu melalui proses perekatan dan pemampatan tekanan tinggi . Plywood terdiri dari kombinasi lapisan serat serat kayu dan  kulit kayu dengan lapisan permukaan luar lebih kuat daripada lapisan tengah yang berfungsi untuk mereduksi pemuaian dan tekanan tekuk. Sifat dasar plywood tidak mudah untuk di tekuk, lebih tahan cuaca dan mudah dibentuk terutama untuk pembuatan furniture rumah tinggal.

2.    Blockboard adalah salah satu bahan dasar atau base material untuk pembuatan Kitchen Set minimalis. Bentuknya mirip multipleks, namun ketebalan lapisan tengahnya antara 20 – 30 mm. Blockboard terbentuk dari beberapa potongan kayu yang dilaminasi dengan vinir yang disusun secara melintang serat untuk menahan daya susut kayu. Potongan kayu yang berada di bagian tengahnya menggunakan jenis kayu dengan pilihan bermacam-macam: kayu keras dan kayu lunak.

3.    Melaminto adalah bagian dari decorative plywood, yaitu plywood yang dilapisi oleh bahan yang bertujuan untuk memperindah penampilannya. Permukaan melaminto halus dan licin. Khusus untuk melaminto, bahan pelapisnya terbuat dari campuran polyester dan melamine, yang kemudian diberi pewarna. Ada pilihan melaminto yang berwarna dof.

4.    Block Melaminto merupakan bahan baku blockboard yang dilapis dengan melaminto. Terdiri dari 3 lapisan, yaitu satu lapis lembaran kayu (blockboard) yang dilapis 2 lembar kayu yang lebih tipis dengan lapisan luar halus berwana putih (melaminto). Selain itu lapisan luarnya halus, sehingga tampak lebih rapi. Ketebalan block melaminto juga menjadikan bahan baku ini kuat dan tahan lama.

5.    Medium-Density Fibreboard (MDF) adalah papan material yang tersusun dari kombinasi serat kayu (pulp/bubur kayu) dan serbuk kayu. Kedua kombinasi material dasar tersebut dipadatkan dalam tekanan dan temperatur suhu yang tinggi, dengan bantuan resin dalam prosesnya. Seperti halnya plywood, MDF banyak dipakai untuk rangka furnitur.

6.    Partikel Board adalah papan material kayu yang tersusun dari chip atau ceriping, kemudian dipadatkan melalui proses kimia dengan pemberian tekanan dalam suhu tinggi. Permukaan papan partikel board biasanya sudah dilapisi veneer atau lapisan kayu. Harga Partikel board jauh lebih murah daripada Plywood dan MDF.

Artikel Terbaru:

Whatsapp Telepon SMS